Beranda

Sunday, June 14, 2015

Contoh RPP Sistem Pernpasan Kelas VIII



Nama               : Deby Noviyanti
NIM                : 12222020
Kelas               : Biologi 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMP Negeri 2 Palembang
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          : VIII/I
Alokasi Waktu            : 15 Menit

Standar Kompetensi:
1.        Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar:
1.5    Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator:
1.        Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.

Tujuan Pembelajaran:
1.        Siswa dapat membedakan organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
2.        Siswa dapat menyebutkan urutan saluran pernapasan pada manusia.
3.        Siswa dapat memahami fungsi masing-masing dari organ penyusun sistem pernapasan manusia.

Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin (discipline), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), ketelitian (carefulness).

Materi Pembelajaran:
Organ-organ penyusun saluran pernapasan.
Model Pembelajaran:
Cooperative Learning

Metode Pembelajaran:
Diskusi Kelompok, Make A  Match.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
A.      Kegiatan Pendahuluan (2 Menit)
1.    Guru memberi salam, membuka pembelajaran dengan basmalah dan mengabsen siswa.
2.    Guru memberi siswa motivasi dan apersepsi. Pemberian motivasi dilakukan dengan menanyakan ”Apakah fungsi bernapas itu?”. Pemberian apersepsi dilakukan dengan menanyakan ”Pernahkah kalian menutup hidung dan bernapas melalui mulut? Apa yang kalian rasakan?”.

B.       Kegiatan Inti (10 Menit)
1.    Eksplorasi
Guru memberikan penjelasan dasar tentang organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
2.    Elaborasi
a.    Guru membagi peserta didik menjadi dua kelompok.
b.    Guru membagikan beberapa kartu, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Kelompok pertama mendapatkan kartu berisi soal dan kelompok kedua mendapatkan kartu yang berisi jawaban. Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
c.    Guru meminta tiap siswa memikirkan kartu jawaban/soal yang dipegang. Diminta juga agar anggota kelompok bekerja sama dan saling membantu dalam menemukan jawaban dari soal yang diberikan oleh kelompok lain nantinya.
d.   Siswa yang memegang kartu berisi pertanyaan diminta untuk membacakannya, dan siswa yang memegang kartu berisi jawabannya diminta untuk menunjukkan jawaban tersebut.
e.    Setelah satu babak, kartu di kocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, dan demikian seterusnya.
3.    Konfirmasi
a.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan mengenai materi yang telah dijelaskan.
b.    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kompak menjawab dan berdiskusi dengan kinerja yang baik.

C.      Kegiatan Penutup (3 Menit)
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari proses dan hasil pembelajaran.
2.    Guru memberikan tugas/PR kepada siswa sebagai evaluasi.
3.  Guru menutup pembelajaran dengan lafaz hamdalah.

Sumber belajar:
1.      Alat:
Papan tulis, spidol, alat tulis.
2.      Buku sumber:
Widayati, Sri dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.      Media: alat peraga berupa gambar organ-organ Sistem Pernapasan..

Penilaian hasil belajar : Tertulis
Soal:
1.        Apa yang dimaksud dengan saluran pernapasan?
2.        Tuliskan urutan saluran pernapasan pada manusia?
3.        Apa fungsi dari alveolus?
4.        Jelaskan struktur dari paru-paru?
Jawaban:
1.        Saluran pernapasan adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran gas yang diperlukan untuk proses pernapasan. Saluran ini berpangkal pada hidung atau mulut dan berakhir pada paru-paru.
2.        Urutan saluran pernapasan:
Rongga hidung  Faring  Laring  Trachea  Bronkus  Bronchiolus  Alveolus   Paru-paru/Pulmo.
3.        Alveolus berfungsi sebagai tempat terjadinya difusi gas pernapasan.
4.        Paru-paru kanan terdiri dari 3 lobus, sedangkan paru-paru kiri terdiri dari 2 lobus. Setiap lobus terdiri dari bagian yang lebih kecil disebut lobulus. Paru-paru tersusun oleh bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Di dalam paru-paru, bronkiolus bercabang-cabang halus dengan diameter ± 1 mm, dindingnya makin menipis jika dibanding dengan bronkus. Bronkiolus berakhir pada gugus kantung udara (alveolus). Alveolus terdapat pada ujung akhir bronkiolus berupa kantong kecil yang salah satu sisinya terbuka sehingga menyerupai busa atau mirip sarang tawon. Oleh karena alveolus berselaput tipis dan di situ banyak bermuara kapiler darah maka memungkinkan terjadinya difusi gas pernapasan.




Mengetahui
Kepala SMP N 2 Palembang


Joni Masnan, M.Pd
NIP. 195708011977031004
Palembang, 1 Mei 2015
Guru Mata Pelajaran


Deby Noviyanti, S.Pd
NIP/NIK. 12222020

1 comment: