Nama :
Deby Noviyanti
NIM :
12222020
Kelas :
Biologi 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 2
Palembang
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Kelas
/ Semester : VIII/I
Alokasi
Waktu : 15 Menit
Standar
Kompetensi:
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar:
1.5
Mendeskripsikan
sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
1.
Membandingkan
macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Siswa dapat membedakan organ penyusun sistem
pernapasan pada manusia.
2.
Siswa dapat menyebutkan urutan saluran pernapasan
pada manusia.
3.
Siswa dapat memahami fungsi masing-masing dari
organ penyusun sistem pernapasan manusia.
Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin (discipline), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence),
tanggung jawab (responsibility),
ketelitian (carefulness).
Materi Pembelajaran:
Organ-organ
penyusun saluran pernapasan.
Model Pembelajaran:
Cooperative Learning
Metode Pembelajaran:
Diskusi
Kelompok, Make A Match.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
A.
Kegiatan Pendahuluan (2 Menit)
1.
Guru
memberi salam, membuka pembelajaran dengan basmalah
dan mengabsen siswa.
2.
Guru
memberi siswa motivasi dan apersepsi. Pemberian
motivasi dilakukan dengan menanyakan ”Apakah fungsi bernapas itu?”. Pemberian apersepsi
dilakukan dengan menanyakan ”Pernahkah
kalian menutup hidung dan bernapas melalui mulut? Apa yang kalian rasakan?”.
B.
Kegiatan
Inti (10 Menit)
1.
Eksplorasi
Guru memberikan penjelasan dasar tentang organ penyusun sistem pernapasan pada
manusia.
2.
Elaborasi
a.
Guru
membagi peserta didik menjadi dua kelompok.
b.
Guru
membagikan beberapa kartu,
satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Kelompok pertama mendapatkan kartu berisi soal dan
kelompok kedua mendapatkan kartu yang berisi jawaban. Setiap
siswa mendapat satu buah kartu.
c.
Guru meminta tiap
siswa memikirkan kartu jawaban/soal yang dipegang. Diminta juga agar anggota kelompok bekerja sama dan
saling membantu dalam menemukan jawaban dari soal yang diberikan oleh kelompok
lain nantinya.
d.
Siswa yang
memegang kartu berisi pertanyaan diminta untuk membacakannya, dan siswa yang memegang
kartu berisi jawabannya diminta untuk menunjukkan jawaban tersebut.
e.
Setelah satu babak, kartu di kocok lagi
agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, dan demikian seterusnya.
3.
Konfirmasi
a. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan mengenai materi yang telah dijelaskan.
b. Guru
memberikan penghargaan kepada
kelompok yang kompak menjawab
dan berdiskusi dengan kinerja yang baik.
C.
Kegiatan
Penutup (3 Menit)
1.
Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari proses dan hasil pembelajaran.
2.
Guru
memberikan tugas/PR kepada siswa sebagai evaluasi.
3.
Guru menutup
pembelajaran dengan lafaz hamdalah.
Sumber belajar:
1. Alat:
Papan tulis, spidol, alat tulis.
2.
Buku sumber:
Widayati,
Sri dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.
Media: alat peraga berupa gambar organ-organ
Sistem Pernapasan..
Penilaian hasil belajar : Tertulis
Soal:
1.
Apa yang dimaksud dengan saluran pernapasan?
2.
Tuliskan urutan saluran pernapasan pada manusia?
3.
Apa fungsi dari alveolus?
4.
Jelaskan struktur dari paru-paru?
Jawaban:
1.
Saluran pernapasan adalah bagian tubuh manusia yang
berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran gas yang diperlukan
untuk proses pernapasan. Saluran ini berpangkal pada hidung atau mulut dan
berakhir pada paru-paru.
2.
Urutan saluran pernapasan:
Rongga hidung
Faring
Laring
Trachea
Bronkus
Bronchiolus
Alveolus
Paru-paru/Pulmo.
3.
Alveolus berfungsi
sebagai tempat terjadinya difusi gas pernapasan.
4.
Paru-paru kanan terdiri dari 3 lobus, sedangkan paru-paru
kiri terdiri dari 2 lobus. Setiap lobus terdiri dari bagian yang lebih
kecil disebut lobulus. Paru-paru tersusun oleh bronkiolus, alveolus, jaringan
elastik, dan pembuluh darah. Di dalam paru-paru, bronkiolus
bercabang-cabang halus dengan diameter ± 1 mm, dindingnya makin menipis jika
dibanding dengan bronkus. Bronkiolus berakhir pada gugus kantung udara (alveolus). Alveolus terdapat pada ujung akhir
bronkiolus berupa kantong kecil yang salah satu sisinya terbuka sehingga
menyerupai busa atau mirip sarang tawon. Oleh karena alveolus berselaput tipis
dan di situ banyak bermuara kapiler darah maka memungkinkan terjadinya difusi
gas pernapasan.
Mengetahui
Kepala SMP N 2 Palembang
Joni Masnan,
M.Pd
NIP. 195708011977031004
Palembang, 1 Mei 2015
Guru Mata Pelajaran
Deby
Noviyanti, S.Pd
NIP/NIK. 12222020
Izin copas ya kak🙏
ReplyDelete